Cara Backup dan Restore ROM Menggunakan CWM

Dipostingan sebelumnya ane pernah share tentang cara

Cara install CWM (ClockworkMod-Recovery) DiGalaxy Tab 2.7 P3100

dimana CWM merupakan mode penting untuk perangkat android salah satunya yakni kita bisa melakukan BACKUP dan RESTORE data Rom.

Kali ini saya akan menulis tentang cara  membackup dan merestore ROM dengan CWM,  Mengotak-atik system sangatlah beresiko, salah sedikit atau terhapus file penting bisa membuat Android error, untuk itu sebagai antisipasi kita membutuhkan bacup data atau file sebagai alternatif pemulihan sistem.


AT YOUR OWN RISK


Jadi sebelum mengganti atau mengcustom ROM saya rekomendasikan untuk selalu membackup data terlebih dahulu. Hal ini penting, jika suatu saat ada hal yang tidak dinginkan ( sistem erorr) kita masih bisa mengembalikan kondisi sistem seperti semula...sebelum sistem di upgrade

Melakukan Flash adalah cara untuk memperbaiki Android yang bootloop atau gagal start yang tidak bisa memasuki recovery mode sedangkan backup dan restore bisa dilakukan jika android masih bisa masuk ke recoery mode.
Jika sobat mengalami bootloop atau gagal start jangan langsung di flash, cobalah masuk ke recovery mode dan jika bisa maka sobat bisa restore ROM yang sudah dibackup sebelumnya (ROM cadangan).

Berikut adalah tutorial cara Backup dan Restore ROM android dengan CWM.
CARA BACKUP 
1. Pastikan Perangkat ( Tab/ Smatphone sobat sudah terinstall CWM, dan Pastikan baterai di perangkat  terisi penuh atau minimal 50% agar tidak matot padasaat sementara backup

2. memory di perangkat masih memiliki cukup ruang untuk menyimpan file backup ( ukuran setiap ROM berbeda ) dan direcomendasikan untuk memindahkan file hasil backupan ke PC untuk jaga2.

3. Langkah selanjutnya sobat masuk ke CWM dengan cara tekan beberapa detik tombol ( POWER + VOLUME ATAS ) sampai logo galaxy tab 2.7 muncul, kemudian lepas tombol POWER sedangkan tombol VOLUME ATAS masih tetep ditekan sampai masuk ke CWM.
Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk menavigasi sedangkan tombol power untuk konfirm(OK)



4. Jika sudah masuk ke CWM pilih backup and restore kemudian pilih backup dan tunggu sampai prosesnya selesai. Ini memerlukan waktu beberapa saat jadi sobat bisa ngopi dulu sambil menunggu backupan selesai.

5. Jika proses backup sudah selesai kemudian pilih "Reboot System Now" untuk merestart perangkat.

6. Untuk melihat file hasil backupan sobat cari pada file manager di perangkat.
biasanya file hasil backupan tersebut berada disdCard/clockworkmod/backup. "Saran sebaiknya pindahkan file tersebut ke Komputer agar aman dan untuk menghemat ruang di memory, tetapi sebelumnya mesti dikompress terlebih dahulu menggunakan 7zip atau winrar. karena kadang antivirus selalu memunculkan popUp peringatan jika file hasil backupan tersebut belum dikompress atau bisa rusak oleh virus.

CARA RESTORE
1. Kembalikan file hasil backupan yang dipindahkan ke komputer tadi dengan meng ekstract kefolder semula ke "disdCard/clockworkmod/backup". atau kalau filenya masih di bacup di perangkat langsung saja ke TKP, kemudian lanjut ke step berikutnya

2. Sobat masuk ke CWM (lihat point no 3), kemudian pilih backup and restore , lalu pilih restore.

3. Tunggu sampai proses restore selesai.
kemudian restart sistem..apabila berhasil maka sistem akan kembali seperti semula


selamat mencoba semoga bermanfaat


Share this video :

+ komentar + 1 komentar

14 Januari 2019 pukul 20.14

wiih keren nih gan
alat pemisah lcd

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2014. Arul Mattoanging - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger