Resep Bebek (itik) Palekko' khas Bugis



Bebek Palekko' Khas Bugis 

Resep Nasu Palekko (Itik) Khas Bugis yang Sedap Ala AisyahSuka
Setiap daerah di nusantara pastinya memiliki resep masakan dengan cita rasa tradisionalnya sendiri. Untuk daerah Sulawesi Selatan tepatnya kabupaten Pinrang dan sekitarnya masakan nasu palekko adalah salah satu yang paling digemari. Masakan ini digemari karena sensasi rasa pedasnya yang menggigit. Belum lagi sensasi rasa itik yang memiliki rasa gurih dan khas berbeda dari daging ayam. Karena itulah masakan ini pasti akan sangat pas dijadikan pilihan bagi pecinta masakan pedas.

Masakan ini juga menjadi salah satu menu favorit saat acara-acara tertentu, seperti lebaran, kumpul-kumpul dengan keluarga ataupun jamuan kepada tamu yang baru datang di kota Pinrang. Terlebih lagi masakan ini menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan juga proses pembuatan yang sangat praktis.
Untuk bahan dasarnya yaitu itik tentu saja kita tidak bisa sembarangan dalam memilih itiknya. Sebaiknya kita memilih itik muda karena itik tua dagingnya cenderung bertekstur keras. 

langsung saja simak resepnya.

Bahan:
1. 1 ekor bebek (itik) muda,
2. 1 sdt garam
3. 1 siung bawang putih
4. 7 biji bawang merah
5. 1 sdt kunyit bubuk
6. asam secukupnya
7. 400ml air
8. 1/2 sdt merica biji
9. cabe rawit sesuai selera

Cara memasak:

1. siapkan itik muda sebaiknya dibakar sebentar biar bulu halusnya bersih kemudian potong kecil-kecil, pisahkan kulit dengan dagingnya.
2. Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica, garam, cabai rawit, kunyit dan asam.
3. sebaiknya memasak dengan wajan, tumis sebentar kulit bebek sampai semua minyak yang dikandung kulit bebek keluar biasanya kalau minyak yang dihasilkan banyak tidak perlu di tambahkan minyak goring, tapi kalau minyaknya kurang bisa ditambah dengan minyak goreng.
4. masukkan daging itik yang telah dipotong kecil-kecil dan masukkan juga bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan air 400ml, kemudian tutup wajan, masak dengan api sedang hingga air nya habis dan mengental.
5. bebek palekko ala AisyahSuka siap dihidangkan..!



Sumber: Bebek Palekko AisyahSuka



Share this video :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2014. Arul Mattoanging - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger