Cara install CWM (ClockworkMod-Recovery) DiGalaxy Tab 2.7 P3100

Apakah CWM itu..?
ClockworkMod Recovery adalah recovery sekunder untuk perangkat Android yang dibuat oleh Koush. 

Hal ini didasarkan dari citra pemulihan eclair. Fitur termasuk backup Nandroid, adb shell, advance update.zip (ignore asserts and signature checks) , dan file browser untuk memilih update.zip. ClockworkMod juga dikenal sebagai CWM, clockwork dan CW recovery.

Peran CWM  sangat penting dalam installasi custom ROM (cusrom). Karena untuk  menginstall ROM yang telah dimodifikasi tersebut, pengguna memerlukan ClockWorkMod Recovery sebagai "alat" untuk menginstall. Itu artinya, tanpa adanya mode recovery ini pengguna tidak akan bisa memasang custom ROM pada perangkat Android yang dimilikinya.

Sebelum kita masuk ketahap penginstallan kita simak dulu beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini.

Fitur CWM
1.Reboot system now
Reboot / restart perangkat android anda.

2.Apply update from sdcard
Hal ini dapat digunakan untuk instalasi dari setiap update resmi atau tidak resmi, ROM, kernel, tema, dll yang diinstal dalam format zip dari recovery, update.zip. File zip telah ditempatkan pada SD card (yaitu tidak dalam sub-folder). Setelah memilih opsi ini akan memunculkan konfirmasi untuk memastikan bahwa pilihan anda benar.

3.Wipe data/factory reset
Pilihan ini menghapus semua data pengguna pada perangkat serta cache. Memilih opsi ini sama seperti anda melakukan factory reset dari menu setting > privacy > factory reset. Semua aplikasi, setting dan data pada perangkat akan ter-reset seperti ketika anda pertama kali install ROM (untuk custom ROM) atau seperti ketika anda membeli perangkat baru (untuk stock ROM). Opsi ini tidak akan reset memory external anda.

4.Wipe cache partition
Membersihkan cache partisi pada perangkat untuk menghapus semua data yang terkumpul di sana selama penggunaan / data user. Hal ini sering digunakan sebelum menginstal ROM, aplikasi baru, kernel atau mod serupa melalui recovery.

5.Install zip from sdcard
Opsi ini memungkinkan anda untuk install file dengan format zip, namun tidak harus bernama update.zip dan tidak harus terletak pada root sdcard. Setelah anda pilih opsi ini maka akan muncul beberapa opsi lagi.

6.Backup and Restore
Tidak perlu diragukan lagi, opsi ini merupakan salah satu fitur yang paling penting yang disediakan oleh custom recovery, fitur backup dan restore juga dikenal sebagai cadangan Nandroid yang memungkinkan Anda untuk mengambil data dan file dari seluruh memori internal telepon anda termasuk semua partisi, dan simpan di kartu SD

7.Power off
Mematikan perangkat android anda.

8.+++++Go Back+++++
Untuk kembali kemenu sebelumnya.


Cara penginstallan:
Silahkan sobat ikuti tahapan dan persiapkan bahan-bahan dibawah ini.

1. Siapkan Satu unit komputer PC atau laptop
2. Kabel DATA USB  (Kabel Data TAB atau perangkat yg akan di install)
3. Download Samsung Kies di sini Samsung Kies
4. Download Software Odin di sini Odin
5. Download ClockworkMod-Recovery persi zip di sini: CWM 
     Sebaiknya menggunakan CWM persi terbaru minimal CWM V.6.0.4.5 ( apabila linknya mati bisa di cari di web lain yang menyediakan link download software yg sama...! atau versi terbaru)

Setelah semua bahan sudah didownload dengan sukses maka kita menuju ke steps berikunya yaitu penginstalan...

1. Install Samsung Kies di Komputer PC atau Laptop (sebaiknya jangan langsung dibuka) kemudian langsung melangkah ke step selanjutnya

2.Extract dan Buka Odin yang tadi telah di download

3. Masukkan "GT-P3100_ClockworkMod-Recovery_6.0.4.5.tar" (Nama file software sesuai dengan nama yg di download yg ini hanya sebagai contoh)  pada kolom PDA, dengan cara klik PDA kemudian cari file CWM yang tadi didownload "GT-P3100_ClockworkMod-Recovery_6.0.4.5.tar"  Dilokasi penyimpanan hasil download anda tadi

Pastikan kotak/kolom-kolom : auto reboot dan F. Reset Time tercentang seperti pada gambar berikut



4. selanjutnya untuk sementara kita tinggalkan komputer dan setting di Galaxy Tab,  masuk ke download mode dengan cara   ( Galaxy Tab Dalam keadaan mati) ,  Tekan Power + Volume Down (-) secara bersamaan  selama beberapa detik jangan dilepas sampai  masuk ke mode Download / Flashing, setelah masuk mode download pencet volume up untuk melanjutkan sampai muncul tulisan DOWNLOAD mode, apabila di lata Galaxy Tab sudah tampak mode Download maka kita melangkah ke tahap berikutnya

5. Colokkan  USB (kabel data yang terhubung dengan Galaxy Tab) pada komputer , sampai Odin mendeteksi Warna kuning di kolom "ID:COM" artinya Galaksi Tab sudah berhasil terhubung dengan komputer seperti pada gambar berikut


6. Langkah selanjutnya klik START diOdin , tunggu beberapa saat sampai Odin selesai melakukan melakukan kompugurasi dan penginstalan.

7. Jika ada tulisan "PASS" berarti misi penginstallan telah sukses.


Untuk cara menggunakan atau mengakses CWM.
1. Matikan Tablet
2. Tekan bersamaan tombol ( Power + vol atas ) Sampai Logo samsung galaxy tab 2.7 muncul.
3. Kemudian lepas tombol ( Power ) sementara tombol ( vol atas) tetap ditekan sampai masuk ke CWM.
4. Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk menavigasi menu CWM

  selamat mencoba..." ingat sebaiknya baca dengan teliti tutorialnya dan ikuti setiap langkah2 yang di rokomendasikan di tutor ini"







Share this video :

+ komentar + 4 komentar

25 Januari 2015 pukul 07.56

HALLO..

MAU tanya
CWM nya kan pake zip, bgmn bisa jadi ,tar?

lalu saya gagal trus instal kies 3 kenapa ya?
saya pakai window vista

21 Desember 2015 pukul 09.29

jelas ga'ada yg jawab bro yg bikin tread udh mimpi

21 Desember 2015 pukul 09.38

coba disini gan ini saya kasih link nya
http://www.androidsu.net/2015/05/install-cwm-untuk-samsung-galaxy-tab-2.html

22 April 2019 pukul 20.39

nice information min
solder uap

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2014. Arul Mattoanging - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger